Pentingnya Pola Hidup Sehat


Tidak dapat kita pungkiri dunia ini bergerak begitu cepatnya. Karena itu secara tidak langsung dan tidak kita sadari konsekwensinya adalah banyaknya hal yang terpaksa harus di tinggalkan, termasuk pola-pola alamiah yang sebetulnya sangat di perlukan dalam menyeimbangkan pola hidup baru di jaman ini yang seringkali berhubungan langsung dengan pengkonsumsian makanan sampah. Dan hal ini jelas, karena sebenarnya pola alamiah yang ada dimana kini sudah semakin di lupakan, berfungsi aktif sebagai filter bagi setiap hal yang merusak hidup manusia.

Sebenarnya ada banyak alasan yang bisa di kemukakan, mengapa orang memburu berbagai hal tanpa melihat kapasitas dan kemampuan dirinya sendiri sebagai manusia (jika masih manusia_@pen). Dan perputaran dunia yang cepat senantiasa membutuhkan pergerakan dan dinamisasi yang harus cepat pula agar tidak di katakan (baca : ketinggalan jaman).

Doktrin hidup ketinggalan jaman saat ini begitu berpengaruh terhadap kehidupan manusia, sehingga “si manusia” itu tadi akan berusaha dengan keras untuk terus memperbarui diri dengan tidak mempertimbangkan batasan-batasan pada diri serta tubuhnya.

Memang disatu sisi dinamisasi gerak langkah manusia yang menggiringnya mempunyai dampak positif bagi kehidupan saat ini. Namun bila kita tidak mempunyai bekal diri yang memadai serta tidak di damping berbagai penyeimbang positif lainnya, maka dinamisasi tersebut akan berbenturan dengan berbagai ketidakberdayaan diri dalam mengejar gerak langkah jaman yang begitu cepat.

Dampak lain adanya kemajuan jaman adalah merebaknya pola hidup kritis untuk mendapatkan sesuatu bagi segala kebutuhannya. Dan bermula dari hal inilah masalah akan timbul silih berganti. Pragmatisme yang dikedepankan saat ini terus menuai banyak problem di dalam kehidupan masyarakat dan si manusianya. Namun atas nama waktu dan efisiensi, kita tak luput dari mengkonsumsi segala makanan yang berbau Junk Food di berbagai gerai fast food dan berbagai makanan sampah lainnya yang di kemas apik hingga enggan setiap diri ini menolaknya jika sajian itu ada di depan mata kita.

Apa sampai disini ? tentu saja tidak, atas nama gaya hidup dengan kostum style, sekarangpun marak manusia-manusia seperti kita yang menjadikan narkoba, rokok, dan alkohol menjadi bagian dari kehidupan. Bahkan baru-baru ini yang masih hangat terasa dan di suguhkan berbagai media, sabu-sabu, metanon dan sebangsanya juga menjadi bagian dari pola hidup yang tak dapat di elakkan.

Namun hal tersebut tentu saja akan membawa berbagai konsekwensi. Dimana konsekwensi yang paling rentan adalah masalah kesehatan. Karena itu penerapan pola hidup sehat sampai kapan-pun dan dimanapun adalah mutlak. Dan pola hidup sehat seperti ini harus dimulai dari relung kesadaran setiap kita dengan dorongan keluarga serta masyarakat yang ada di sekitarnya. Lantas setelah itu PR yang harus kita kerjakan adalah membentuk perilaku hidup seimbang dan sehat agar dapat membumi di penjuru negeri ini dengan support penuh dari pemerintah dan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Dan hal inilah yang harus kita terapkan bersama dengan memulainya dari diri sendiri serta keluarga, hingga akhirnya kesehatan totaljasmani serta rohani dapat kita rasakan. Aamiin



Dipublikasikan Juga di : SenengMedia.Com


Posting Komentar

Templated by Blogger Items
item